Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Arti Kimochi Sebenarnya dalam Bahasa Jepang, Apa itu?

arti kimochi

Kamu ingin kuliah, bekerja, atau sekadar menyukai kultur Jepang? Kamu bisa mengikuti kursus bahasa Jepang untuk memperlancar kemampuanmu berbahasa tersebut.

Jika kamu ingin tinggal di Jepang, kamu bisa mempelajari bahasa gaul Jepang. Tujuannya agar kamu kedengaran seperti penutur asli bahasa Jepang.

Salah satu bahasa gaul Jepang yang sering didengar adalah kimochi. Apa sebenarnya arti kimochi dalam bahasa Jepang? Ini penjelasannya.

Apa Arti Kimochi?

Dalam bahasa Jepang, kimochiii (きもちいい) atau (気持ち) berarti suatu “perasaan” atau “sensasi”. Untuk lebih spesifiknya, perhatikan bagaimana pengertian setiap bagian dari kanjinya.

Yang pertama adalah ki (き気 ) berarti “gairah” atau “semangat” dalam bahasa Jepang. Sementara itu mochi (持ち) berarti “memiliki”.

Jika digabungkan, kedua kata ini dapat diartikan sebagai “perasaan yang dimiliki”.

Untuk mengungkapkan sesuatu yang terasa enak, baik, atau menyenangkan, tambahkan kata sifat いい setelah kata 気持ち. Sehingga kimochiii (気持ちいい) berarti “terasa menyenangkan” atau “terasa enak”.

Kata ini biasanya lebih digunakan untuk mengungkapkan sesuatu yang dirasakan secara fisik, bukan suasana hati.

Kimochiwarui (気持ちわるい) atau (きもちわるい)

Kebalikan dari kimochiii (きもちいい) atau (気持ち) adalah kimochiwarui (気持ちわるい) atau (きもちわるい). Kamu cukup mengubah いい menjadi わるい di akhir kata.

Kimochiwarui (気持ちわるい) atau (きもちわるい) berarti “terasa tidak menyenangkan” atau “terasa buruk”.

Kata ini mendeskripsikan sesuatu yang terasa tidak enak atau tidak menyenangkan. Misalkan kamu sedang sakit kepala, tentu rasanya sangat tidak enak.

Sama seperti sebelumnya, kimochiwarui digunakan untuk mengungkapkan sesuatu yang dirasakan secara fisik, bukan suasana hati.

Contoh Kalimat

Seperti apa penggunaan kalimat yang menggunakan kata kimochi? Berikut contohnya.

雨が気持ちいい (ame ga kimochi ii) – Hujannya terasa menyenangkan.

マッサージが気持ちいい (massaaji ga kimochi ii) – Pijatannya terasa menyenangkan.

風が気持ちいい (kaze ga kimochi ii) – Anginnya terasa menyenangkan.