Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

10 Bahasa Mandarin Sampai Jumpa, Sudah Tahu Belum?

Selain salam saat berjumpa, kamu juga perlu tahu kata sapaan saat berpisah. Lantas, bagaimana dengan ucapan sampai jumpa dalam bahasa Mandarin?

Kamu dapat menggunakan berbagai variasi ungkapan berikut, sesuai dengan situasinya. Yuk, kita pelajari bersama!

再见 (zài jiàn)

Ungkapan ini berarti sampai jumpa yang umum digunakan dalam bahasa Mandarin. Kamu dapat menggunakan ungkapan ini untuk berbagai situasi. 再 (zài) berarti lagi dan 见 (jiàn) berarti melihat atau bertemu.

拜拜 (bái bái)

Ungkapan ini mirip bahasa Inggris bye-bye. Ungkapan ini tergolong informal, tetapi umum digunakan di Taiwan dan China.

Kata 八 (bā) yang memiliki arti angka 8 mirip pengucapannya dengan bái bái, sehingga ungkapan tersebut sering ditulis 88 dalam chat atau SMS.

一会儿见 (yī huǐ er jiàn) atau 回头见 (huí tóu jiàn)

Ungkapan ini berarti sampai ketemu sebentar lagi atau sampai nanti. 一会儿 (yīhuǐ) berarti sebentar lagi, sementara itu 回头 (huí tóu) secara harfiah berarti menoleh, tetapi kemudian diartikan nanti.

明天见 (míng tiān jiàn)

Ucapan yang satu ini berarti sampai besok. Kamu bisa mengucapkan salam ini kepada teman sekelas atau rekan kerja.

周一见 (zhōu yī jiàn)

Salam ini berarti sampai ketemu di hari Senin. Kamu dapat mengganti dengan hari lain, caranya sebutkan nama hari, lalu jiàn.

再联系 (zài lián xi)

Ucapan ini berarti kita sambung lagi nanti. Misalkan kamu sedang berbincang dengan seseorang, lalu percakapan itu tiba-tiba dipotong karena kamu harus pergi. Kamu dapat mengatakan zài lián xi untuk menunjukkan kamu masih ingin melanjutkan pembicaraan nanti.

失陪了 (shī péi le)

Ungkapan ini tergolong sangat sopan dan resmi. Artinya maaf, saya harus pergi. Kamu dapat menggunakan kata-kata ini untuk pamit dalam acara formal. Hal ini menunjukkan kamu punya sopan-santun yang baik.

我先告辞了 (wǒ xiān gào cí)

Ungkapan ini tergolong sopan. Artinya saya akan pergi. Kata-kata ini memiliki nuansa serius, sehingga biasanya digunakan dalam acara resmi.

Sebaiknya kamu menggunakan ungkapan ini untuk pamit kepada orang yang lebih tua atau memiliki status sosial lebih tinggi. Kamu juga dapat mengatakan 我先走了 (wǒ xiān zǒu le), artinya saya pergi dulu.

后会有期 (hòu huì yǒu qī)

Secara sederhana, ungkapan ini berarti pamit atau kita akan berjumpa lagi. Kamu biasa mendengar kata-kata ini dalam film, karena kesannya yang dramatis.

Ungkapan ini disampaikan ketika kamu tidak tahu apakah akan bertemu lagi dengan orang itu atau tidak.

保重 (bǎo zhòng)

Ucapan ini berarti hati-hati, biasanya disampaikan kepada orang yang akan melakukan perjalanan jauh. Selain ucapan ini, kamu juga dapat mengatakan  慢走 (mànzǒu), artinya hati-hati. Biasanya mànzǒu disampaikan tuan rumah kepada tamunya yang hendak pamit.

挂了啊 (guà le a)

Saat mengangkat telepon, kamu dapat mengatakan 喂 (wéi), artinya halo. Untuk mengakhiri, kamu dapat mengatakan guà le a, artinya saya akan menutup telepon.

China memiliki budaya yang beragam dan menarik. Agar mempelajarinya lebih seru, kamu dapat mengikuti Kursus Bahasa Mandarin. Di sini kamu akan belajar bersama tutor-tutor ahli dan berpengalaman. Daftar sekarang, dapatkan harga terjangkau.