Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Biografi YIP Man Singkat, Guru Seni Bela Diri Bruce Lee

biodata tokoh

Siapa yang tidak mengenal aktor kenamaan di dunia laga bernama Bruce Lee? Kepiawainnya dalam bela diri mengantarkannya pada kesuksesan dan membuat namanya dikenal banyak orang. Namanya pun melegenda. Namun, seperti kita ketahui, dibalik suksesnya seseorang selalu ada orang hebat yang mendidik atau mendukungnya. Begitupun dengan Bruce Lee. Lalu, seperti apa biografi dan penjelasan lebih detail tentang tokoh guru tersebut? Baca artikel ini sampai akhir ya!

main qimg 0035d39256551fe2720341602b4ddaf5 lq

Biografi YIP Man

Guru Besar Ip Man adalah praktisi ilmu bela diri Cina pertama yang mengajarkan Wing Chun secara terbuka. Beliau lahir pada tanggal 1 Oktober 1893 – 2 Desember 1972.

Ip Man lahir di Foshan, provinsi Guandong, pada tahun 1893 masa pemerintahan Raja Kaisar Guangxu, Dinasti Qing. Dia adalah anak ketiga dari empat bersaudara dari pasangan Ip Oi-dor dan Ng Shui. Kakaknya bernama Ip Kai Gak dan Ip Wan Hum. Ip Man tumbuh dewasa dalam keluarga yang berada dan memiliki pendidikan tinggi.

Aliran Kungfu YIP Man: Wing Chun

Diriwayatkan, guru besar Ip Man mengungsi ke kampung halaman Kwok Fu pada saat Jepang menguasai Foshan. Dia kembali ke Foshan setelah perang berakhir, dan bekerja sebagai polisi. Pada akhir tahun 1949, partai Komunis Cina memenangkan perang sipil. Ip Man juga seorang pejabat dari partai politik oposisi bernama Kuomintang . Ia pun memutuskan untuk melarikan diri ke Hong Kong tanpa membawa keluarganya ketika para Komunis datang ke Foshan. Di Hongkong, Ip Man membuka Perguruan bela diri Wing Chun.

Hubungan YIP Man dan Bruce lee

Untuk penggemar film laga pasti tidak asing lagi dengan aktor bernama Bruce Lee. Tak heran, Bruce Lee adalah seorang aktor yang terkenal di dunia laga. Hal ini dikarenakan dirinya ahli dalam seni bela diri. Namun, dibalik kesukesannya di dunia bela diri terdapat peran guru bernama YIP Man. Bruce Lee merupakan murid guru YIP Man yang berhasil melegenda. Sehingga hubungan yang terjalin di antara YIP Man dan Bruce Lee tak lain adalah guru dengan muridnya.

Quotes YIP Man

Beberapa quotes YIP Man yang bisa menjadi inspirasi kamu adalah berikut ini.

Jangan bertarung dengan kekuatan, serap kekuatan itu dan alirkanlah, gunakan kekuatan itu.

Do not fight with the strength, absorb it and it flows, use it.

The best thing is not to fight at all.

Hal terbaik adalah tidak bertarung sama sekali.