Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Aneka Makanan Jerman yang Perlu Kamu Tahu

kuliner di Jerman

Kuliner di Jerman adalah salah satu budaya yang sangat menarik untuk diulas dan diketahui. Terlebih saat proses belajar bahasanya, ini akan sangat memudahkan!

Masakan tradisional Jerman itu kaya, ada yang mengatakan berat, tapi enak rasanya. Meskipun begitu, sebenarnya lemak dalam makanan adalah media untuk membawa rasa. Jadi, selain hidangan tradisional yang kaya, kamu juga akan menemukan berbagai macam hidangan ringan dan internasional dalam masakan Jerman modern.

Baca juga: Perkembangan Mata Uang Jerman Dulu dan Kini

Masakan Jerman juga sangat berbeda sepanjang tahun. Jamur, buruan, sayuran, semuanya ada musimnya masing-masing. Ini adalah rahasia dari banyak masakan Jerman yang dimasak dengan bahan-bahan lokal dan segar.

makanan Jerman

Menu Makanan Jerman

Berbicara mengenai sejarahnya, selama ratusan tahun Kekaisaran Jerman terdiri dari sejumlah besar sub-unit yang lebih kecil, kerajaan, kota bebas, adipati, dan lain-lain. Orang-orang dari wilayah kecil ini (dan masih) bangga dengan budaya, adat istiadat, dan, tentu saja, makanan khas mereka. Akibatnya Jerman masih memiliki berbagai macam makanan dan kebiasaan tradisional yang seringkali tidak berhubungan dengan seluruh negara bagian tetapi dengan wilayah tertentu.

Rheinischer Sauerbraten (North Rhine-Westphalia dan Rhineland-Palatinate), Thuringian Bratwurst dan Handkäs mit Musik (Hessen) terkenal di negara bagian tengah Jerman.

Di negara bagian utara, makanan laut berlimpah, tetapi ada juga hidangan daging yang terkenal seperti Königsberger Klopse dan Grünkohl mit Pinkel. Labskaus terdiri dari daging kornet, kentang, bit dan herring.

Baca juga: Contoh Percakapan Bahasa Jerman yang Bisa Kamu Coba

Sarapan (Frühstück)

Orang yang pergi bekerja hanya sarapan ringan. Sereal, sepotong roti dengan selai, keju, atau potongan daging dingin

Sekolah memiliki waktu istirahat untuk sarapan sekitar pukul 10 pagi, dan orang-orang di tempat kerja sering kali memiliki kesempatan untuk makan camilan di sekitar waktu tersebut.

Pergi keluar untuk makan siang pada hari Minggu telah menjadi sangat populer baru-baru ini.

Makan Siang (Mittagessen)

Tahukah kamu, orang Jerman senang menikmati makanan utama mereka saat makan siang. Setidaknya ini adalah kebiasaan umum ketika wanita tidak pergi bekerja.

Mittagessen Jerman tradisional terdiri dari sup ringan, daging, sayuran dan kentang atau nasi sebagai hidangan utama, dan hidangan penutup yang lezat.

Di banyak restoran, kamu akan menemukan “Stammessen” atau “Tagesgericht” pada menu saat makan siang. Ini adalah 3 hidangan dengan harga khusus yang berubah setiap hari.

Coffee Break (Kaffee)

“Kaffee” mirip dengan waktu minum teh Inggris. Istirahat beberapa waktu antara makan siang dan makan malam, untuk menikmati secangkir kopi dan sepotong kue, atau kue.

Di masa-masa sibuk, orang Jerman tidak akan memiliki “kaffee break” selama seminggu, terutama saat bekerja. Namun, pada hari Minggu dan hari libur, minum “Kaffee” masih menjadi tradisi penting.

Untuk ulang tahun dan perayaan lainnya orang Jerman sering mengadakan acara “zum Kaffee”. Tapi kita tidak perlu khawatir akan kehabisan hidangan di acara itu, karena biasanya mereka sudah menyediakan aneka pilihan kue super lezat untuk memanjakan orang-orang yang diundang.

Baca juga: Pengertian Periode Aufklarung di Jerman

Makan Malam (Abendessen)

Makan malam tradisional Jerman terdiri dari roti gandum atau roti panggang, potongan daging dingin, keju, salad, acar sayuran, ikan kaleng, atau bahkan sisa makan siang.

Namun, banyak orang Jerman menikmati makanan hangat untuk makan malam, terutama ketika mereka tidak memiliki kesempatan untuk mendapatkan makanan yang dimasak di tempat kerja.

Di restoran, kita akan menemukan berbagai makanan khas dingin seperti Wurstsalat, Restaurationsbrot, varietas keju, sosis, dan lain-lain. Sering ada menu terpisah yang disebut Vesperkarte, atau Brotzeitkarte. Item pada menu ini juga tersedia pada siang hari.

Fakta Kuliner Jerman

Orang Jerman suka barbekyu! Begitu suhu naik menuju angka 20°C, aroma daging panggang dan sosis tercium saat makan malam. Tidak ada yang lebih enak dari sosis bakar arang pedas dan salad kentang Jerman.

Namun, jika kta tinggal di sebuah apartemen di Jerman dengan banyak penghuni. Mereka akan melarang memanggang di balkon dengan api terbuka karena aroma barbekyu akan mengganggu.

Resep Makanan Jerman “Kartoffelpuffer”

Pancake kentang Jerman adalah hidangan vegetarian yang cepat dan mudah. Di wilayah Katolik mereka adalah makanan tradisional pada hari Jumat. Anak-anak dan orang dewasa menyukai Kartofelpuffer. Caranya sajikan dengan lauk manis atau asin sebagai gantinya, dan biasanya cocok disajikan di hari Minggu.

Kentang Kukus Jerman

Selain Kartoffelpuffer, panekuk kentang juga dikenal sebagai Reibekuchen dan Kartoffelpfannkuchen di Jerman. Meskipun Reibekuchen selalu mengandung garam, mereka sering dimakan dengan saus apel manis atau kolak plum. Beberapa orang bahkan menaburkan gula di atasnya. Di sisi asin, mereka disajikan dengan liverwurst, atau disajikan dengan salmon asap dan krim asam. Tapi cara paling tradisional untuk makan panekuk kentang adalah dengan saus apel.

Bagaimana cara membuatnya? Simak caranya berikut ini!

Bahan

1 kilogram kentang tepung – mehlige Kartoffeln
1 bawang bombay – Zwiebel
3 butir telur ukuran sedang – mittelgrosse Eier
40 g (6 sendok makan) tepung terigu – Mehl
1 sendok teh garam – Salz
100 ml (1/2 cangkir) minyak bunga matahari – Sonnenblumenöl

Langkah-Langkah

  • Kupas dan cuci kentang, kupas bawang.
  • Parut kentang dan bawang ke dalam mangkuk.
  • Tambahkan telur dan garam lalu aduk rata.
  • Panaskan sebagian minyak dalam wajan anti lengket, masukkan 1 sendok adonan kentang ke dalam minyak panas, pipihkan adonan dengan sendok.
  • Tambahkan sesendok lagi untuk 1 atau 2 pancake lagi. Jika adonan menyatu dengan hati-hati pisahkan masing-masing Kartoffelpuffer.
  • Balikkan pancake segera setelah tepinya berubah menjadi cokelat. Masak mereka sampai berwarna cokelat keemasan.
  • Setelah Reibekuchen selesai, keringkan di atas kertas dapur. Letakkan di atas piring hangat di oven yang sudah dipanaskan sebelumnya agar tetap hangat sampai Anda selesai dengan sisa pancake.

Tips:

Untuk hasil yang sangat renyah, ambilkurang lebih dari satu sendok adonan kentang, dan ratakan.
Jika kamu lebih suka bagian dalamnya agak lunak, ambil satu sendok penuh adonan, dan jangan terlalu banyak.

Baca juga: Beragam Kata Sapaan dalam Bahasa Jerman

Kosakata Makanan Jerman

Wurst – mengacu pada semua jenis sosis
Würstchen – sosis seperti Frankfurter, Wiener, Bockwurst dan Rindswurst, biasanya dipanaskan dalam air panas atau sup
Bratwurst – Dari Nueremberg hingga Thuringia, hampir setiap daerah memiliki jenis bratwurst yang khas
Aufschnitt – potongan dingin, irisan sosis, salami, ham
Hausmacher Wurst – mengacu pada sosis hangat seperti liverwurst dan puding hitam
Brot – roti, ada lebih dari 300 jenis roti yang tersedia di Jerman.
Brötchen, Semmel, Schribbe – nama lain roti gulung, tergantung pada wilayahnya
Kuchen – kue | Torte – kue kaya dengan beberapa lapisan dan krim | Plätzchen – kue | Stückchen – kue kecil, scone, dan kue kering
Schnellimbiss – gerai makanan cepat saji yang menjual bratwurst, hamburger, dan makanan ringan lainnya

Belajar bahasa asing Lister
Belajar bahasa asing Lister

Itulah pembahasan tentang kuliner di Jerman mulai dari resep, hidangan favorit di Jerman sampai kosa-kata makanan Jerman. Belajar budaya Jerman seperti kuliner ini akan memudahkan proses belajar bahasa Jerman juga lho. Yakin melewatkan kesempatan belajar bahasa Jerman bersama Tutor yang berpengalaman di bidangnya? Daftar sekarang dengan klik banner di atas!

Ref:

German Foods – https://www.germany-insider-facts.com/german-foods.html

German Potatoes Pankaces – https://www.germany-insider-facts.com/german-potato-pancakes.html

Gambar: freepik.com