Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

7 Tips Belajar Bahasa Inggris Paling Efektif

Program Lister – Belajar Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua bisa menjadi tugas yang menantang untuk sebagian orang. Tetapi begitu kamu menguasainya, ada banyak hal positif yang akan kamu dapatkan. Misalnya perkara pergi travelling atau pun menonton film hollywood, tanpa subtitle pun kamu tetap paham!

Untuk mewujudkan hal itu, kamu bisa menyimak tips Bahasa Inggris yang praktis tentang cara belajar Bahasa Inggris secara efektif. Apa saja?

Pelajari Frasa, Bukan Kata

Ketika memulai belajar Bahasa Inggris, atau bahasa apapun, sebagai pemula seharusnya kamu tidak perlu mempelajari kosakata satu per satu. Sebaliknya, pelajarilah seluruh frasa yang ada. Karena menghafal arti kata jauh lebih mudah jika kamu tahu apa artinya dan bagaimana mereka digunakan dalam sebuah kalimat.

Contoh: ketika menghafal kosakata “gelas” dalam Bahasa Inggris, daripada menggunakan kosa kata “a glass”,sebaiknya “a glass of milk”. Karena akan memudahkan kamu dalam menyusun kalimat Bahasa Inggris.

Mendengarkan Audio

Meskipun membaca buku teks dapat membantu kamu mempelajari Bahasa Inggris, kamu tidak boleh hanya mengandalkannya. Buku teks sangat bagus untuk mengajari kamu tentang tata bahasa dan kosakata, tetapi tidak terlalu membantu dalam hal melakukan percakapan.

Jika kamu ingin belajar berbicara Bahasa Inggris, belajarlah dengan mendengarkan dan bukan dengan membaca. Dengan lebih banyak mendengarkan, kamu bisa mempelajari kosakata dan tata bahasa tanpa menghafalnya.

Coba Placement Test

Dapat mengetahui tingkat kemahiran Bahasa Inggris, sangat penting sebelum kamu memulai rencana pembelajaran apa pun karena akan menentukan jenis program yang harus kamu ikuti.

Misalnya kamu bisa mengikuti program Bahasa Inggris yang komprehensif jika level kamu masih berada di sekitar level Intermediate atau lebih rendah. Selain itu, rencana pembelajaran juga nanti dapat disesuaikan untuk level Upper-Intermediate ke atas. Tertarik mencoba placement test? Klik di sini untuk academic placement test gratis.

Utamakan Kualitas Daripada Kuantitas

Ketika ingin belajar bahasa apapun, selalu mengutamakan kualitas daripada kuantitas. Hal ini karena untuk mempelajari lusinan kata baru dalam waktu singkat, kamu harus fokus mempelajari satu kata dan mengulanginya puluhan kali. Strategi ini memungkinkan kamu untuk menempatkan makna kata dan frasa lebih dalam ke otak kamu. Hasilnya, kamu tidak akan mudah lupa.

Pelajari Tata Bahasa dengan Membaca Beragam Cerita

Selanjutnya, salah satu cara terbaik untuk belajar tata bahasa adalah dengan mendengarkan cerita pendek yang diceritakan dengan variasi tata bahasa. Ini akan membantu kamu meningkatkan pemahaman tata Bahasa Inggris secara otomatis dan lebih alami. Cerita yang bisa dibaca seperti cerita pendek, drama, artikel majalah, koran.

Gunakan Strategi Anti Mainstream

Jika kamu benar-benar ingin meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris, jangan gunakan strategi yang umum seperti yang ada di teks bahasa Inggris.

“Listen and Repeat” diganti menjadi “Listen and answer”

Maksudnya, alih-alih menirukan kata atau frasa yang diucapkan oleh pembicara, kamu harus coba menjawab pertanyaan yang diajukan. Misalnya, jika kamu sedang mendengarkan podcast atau video, coba jeda setiap 20 hingga 30 detik dan buat ringkasan singkat tentang apa yang telah dikatakan.

Ambil Les Online

Cara terakhir yang bisa kamu coba adalah mengambil kelas online. Ada banyak kursus online yang tersedia di internet. Sekali klik kamu sudah bisa menemukan kursus online yang diinginkan seperti Lister misalnya.

Salah satu cara memangkas biaya yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengambil program kelas Bahasa Inggris yang bisa mencakup segala kebutuhan pembelajaran bahasa kamu. Di program bahasa Lister, kamu bisa lebih hemat biaya karena selalu ada promo menarik yang menanti. Tunggu apa lagi? Daftar sekarang yuk!