Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Arti Stay Safe dan Variasi Ungkapan Lainnya

arti stay safe

Di masa pandemi ini, kita sering mendengar ungkapan stay safe. Contohnya, “Stay safe when you go outside.”

Ungkapan tersebut menunjukkan kepedulian dari pembicara kepada pendengarnya. Namun selain ungkapan stay safe, ada beberapa variasi lain pengucapannya, lho.

Jika kamu belum tahu, simak artikel berikut tentang arti stay safe.

Apa Arti Stay Safe?

Secara harfiah, stay safe berarti “tetap aman”. Kata-kata ini diungkapkan saat berjumpa atau saat hendak mengucapkan selamat tinggal kepada orang lain. Stay safe juga menunjukkan kepedulian dari si pembicara.

Orang yang mengucapkan stay safe dapat bermaksud mengatakan “jangan sampai terjadi sesuatu hal yang buruk kepadamu”.

Variasi Lain dari Stay Safe

Kamu juga bisa mengucapkan stay well. Artinya kurang lebih sama, yaitu “tetap baik”. Namun maknanya bisa sedikit berbeda. Orang yang mengucapkan stay well dapat juga bermaksud mengatakan “jangan sampai sakit”.

Variasi lainnya yaitu stay healthy. Artinya juga mengandung harapan yang bagus, yakni “tetap sehat”.

Stay Safe dalam Situasi Pandemi

Kata-kata stay safe atau stay well sering kita dengar di masa pandemi ini. Di masa tersebut, stay safe dapat berarti “aku harap kamu tidak sampai terkena penyakit ini” atau “aku harap kamu berhati-hati untuk menghindari penyakit ini”.

Sebelum pandemi terjadi, biasanya kata-kata stay safe disampaikan kepada orang yang hendak pergi melakukan aktivitas berbahaya. Misalnya pelatih yang baru saja selesai mengajari suatu olah raga ekstrem akan mengucapkan stay safe.

Sejak pandemi virus Corona, kata-kata stay safe menjadi lebih sering diungkapkan.

Kamu juga dapat mengatakan be well atau be safe. Artinya kurang lebih sama.

Pasalnya ketika seseorang sudah telanjur sakit, tidak mungkin mengatakan stay well kepadanya. Mereka sudah menjalani pengobatan dan lain sebagainya. Mengatakan be well pun kesannya kurang tepat untuk dikatakan.

Orang terkadang mengatakan I hope you get well kepada seseorang yang sudah telanjur sakit.

Selanjutnya, orang jarang mengucapkan be well atau be safe sebagai ucapan selamat tinggal. Kamu bisa mengucapkannya, tetapi kata-kata tersebut akan terdengar aneh dibandingkan mengucapkan stay well atau stay safe.