Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Apa itu Teks Persuasi? Ini Pengertian, Struktur, dan Contohnya

teks persuasi

Salah satu bentuk teks yang menarik untuk dibedah adalah teks persuasi. Pasalnya teks ini memiliki struktur yang menarik. Dalam bahasa Inggris, teks ini disebut sebagai persuasive text.

Apa pengertian, struktur, hingga contoh teks persuasi? Simak artikel berikut sampai tuntas, ya.

Apa itu Teks Persuasi?

Persuasive text adalah bentuk tulisan non-fiksi yang bertujuan meyakinkan pembaca akan sudut pandang tertentu. Biasanya teks ini ditemukan pada iklan dan kolom di koran.

Ada banyak cara untuk menulis secara persuasif. Namun hal yang paling utama adalah memberikan argumen pokok, bukti untuk mendukung argumen, dan kesimpulan.

Penggunaan Teks Persuasi

Persuasive text dapat ditemukan di berbagai bentuk publikasi, contohnya: artikel koran, kampanye iklan, esai akademik, ulasan, brosur, flyer kampanye, dan lain-lain.

Bagaimanapun teks persuasi digunakan, tujuannya hanya satu: meyakinkan pembaca untuk berpihak kepada penulis.

Biasanya penulis menggunakan teknik persuasif dengan berbagai argumen, ide, atau pesan yang ingin mereka sampaikan kepada pembaca.

Sebagai contoh, iklan berupaya meyakinkan audiensnya bahwa produk yang dijual adalah yang terbaik di pasaran dan kamu harus membelinya. Inilah argumen mereka.

Struktur Umum Teks Persuasi

Ada tiga bagian dalam teks persuasi.

1. Opini

Penulis menyajikan opini yang diharapkan akan dipercayai pembaca.

2. Alasan

Menyajikan alasan spesifik kenapa pembaca harus setuju dengan opini penulis.

3. Kesimpulan

Rangkuman atau kesimpulan dari teks.

Struktur Bahasa Teks Persuasi

Beberapa unsur struktur bahasa dalam teks persuasi dijelaskan berikut ini.

1. Menggunakan kata atau kalimat yang diulang.

2. Menggunakan kata atau kalimat yang membangkitkan emosi pembaca.

3. Didukung oleh argumen.

4. Menggunakan kalimat yang beragam.

Contoh Teks Persuasi

Berikut ini beberapa contoh teks persuasi dalam berbagai konteks pembicaraan.

a. Are you tired of seeing your paychecks slashed by unjust tax deductions? We work hard to provide for our families and then wind up only being able to live paycheck to paycheck. If you vote for me, I’ll make sure your taxes are lowered and you get the government services that you depend on. Imagine everything you’ll be able to do with more wiggle room in your monthly income. Cast your vote today.

b. Raising taxes is wrong because people should be entitled to keep their own money and because an increase in tax revenue will be stifling to businesses. We should keep taxes low or even reduce tax rates to encourage growth.

c. Upon first cracking the old worn cover of this historical fiction, I began to wonder what I’d gotten myself into. Beyond just being a great classic, Pride and Prejudice gives us a look into history. It tells us about the hierarchy of the time and exactly where women stood. But it did more than that. Within her first few words, Austen works to suck you into a world much different than your own.

Itu tadi pembahasan tentang teks persuasi. Bagi kamu yang ingin memperdalam kemampuan bahasa Inggris, termasuk dalam hal pemahaman teks, kamu bisa mengambil kursus di Lister. Dalam platform online pengajaran bahasa asing ini, kamu bisa memperdalam kemampuan kamu bersama tutor-tutor yang ahli dan bersertifikat. Cek programnya di sini: Program Lister.