Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Apa itu Personal Letter? Ini Dia Pengertian dan Strukturnya

personal letter

Pernahkah kamu berkirim surat dengan orang lain? Dalam bahasa Inggris, surat yang dikirim secara pribadi disebut personal letter. Hal ini berbeda dengan surat yang dikirim untuk tujuan bisnis atau profesional, yang disebut dengan surat atau email profesional.

Walaupun saat ini sudah zaman modern dan orang lebih menyukai berkirim pesan singkat, menulis pesan melalui surat bisa tetap mengasyikkan lho. Berikut penjelasan lebih lanjut tentang personal letter dalam bahasa Inggris.

Pengertian Personal Letter

Personal letter adalah surat yang dikirim untuk tujuan pribadi, misalnya menyampaikan kabar, mengundang ke suatu acara, mengucapkan selamat, atau mengucapkan belasungkawa kepada orang terdekat.

Berbeda halnya dengan business letter yang tujuannya adalah menyampaikan informasi secara profesional, misalnya terkait bisnis. Maka dari itu, personal letter tidak tepat digunakan untuk lamaran kerja.

Struktur Personal Letter

Sebetulnya tidak ada rumus baku untuk menuliskan personal letter, mengingat sifatnya yang pribadi. Namun biasanya orang menggunakan struktur seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Date (Tanggal)

Biasanya bagian paling pertama dari sebuah surat adalah tanggal saat surat itu dituliskan. Tanggal dapat ditulis di bagian atas kanan maupun kiri.

Address (Alamat)

Alamat pengirim di personal letter biasanya dituliskan di bagian kanan atas. Sementara itu alamat penerima tertulis di bagian kiri atas.

Greeting (Salam Pembuka)

Salam pembuka memiliki beragam variasi. Mengingat sifatnya personal, maka salam tersebut tidak perlu terlalu baku. Misalnya Dear, Hi, atau Hallo.

Introduction (Perkenalan)

Bagian ini merupakan pembuka yang berisi komentar atas surat sebelumnya maupun menyampaikan maksud surat ini ditulis.

Body (Isi)

Bagian ini merupakan yang paling penting, karena berisi inti surat.

Closing (Penutup)

Selanjutnya kamu bisa menambahkan kalimat penutup untuk mengakhiri surat. Kamu bisa menambahkan harapan, misalnya berharap akan memperoleh surat balasan.

Greeting for Closing (Salam Penutup)

Salam penutup untuk surat pribadi bisa beragam, misalnya Best regards, Truly yours, dan lain-lain.

Signature (Tanda Tangan)

Setelah menutup surat, jangan lupa untuk membubuhkan tanda tangan dan nama terang.

Tema Personal Letter

Apa saja contoh isi surat pribadi? Berikut contoh-contohnya.

a. Memberi tahu kabar

b. Menerima atau menolak undangan acara

c. Meminta maaf

d. Menyampaikan ucapan selamat

e. Berterima kasih

f. Meminta saran.

Contoh Personal Letter

Setelah mengetahui penjelasan tentang personal letter, berikut contoh yang bisa kamu pelajari.

2 July 2021

Vanessa Atkins

342 London Park Road

Montpelier, VT 05602

Dear Vanessa,

I am writing this letter to apologize for the recent spillage in the parking lot area. I accidentally tripped and fell while carrying my groceries from my car and spilled a gallon of milk. I had no intention of inconveniencing you.

I was getting supplies to clean the mess when your car skidded on the spill. I can see how this would have upset you, and I understand your reaction.

I am ready and willing to repay you for any losses you may have suffered. I hope this incident does not affect our friendship.

Thank you for your time.

Sincerely,

Joyce Monaro

Belajar bahasa asing Lister
Belajar bahasa asing Lister