Anda Perlu Tahu IELTS Indicator

Ielts.or.id – IELTS Indicator adalah tes IELTS online yang diselenggarakan secara resmi oleh IELTS.org untuk mengatasi masalah yang dihadapi oleh orang orang yang ingin mengikuti tes IELTS tetapi terkendala Covid19. Meskipun sayangnya tes ini belum ada di Indonesia, anda bisa mengambil tes ini jika saat ini anda sedang berada di luar Indonesia.

Artikel ini akan merangkum hal hal yang perlu anda ketahui mengenai IELTS Indicator. Termasuk diantaranya materi yang diujikan, lokasi ujian tes, universitas yang menerima hasi tes serta biaya yang perlu anda keluarkan untuk mengikuti tes ini.

Materi Ujian IELTS Indicator

Materi ujian ini kurang lebih sama dengan materi ujian tes IELTS biasa. Hanya saja semua tes diselenggarakan secara online. Tes Reading, Listening dan Writing dapat anda lakukan dalam sekali duduk seperti halnya ujian IELTS biasa. Namun untuk bagian Speaking, anda harus bertatap muka dengan penguji anda melalui tayangan video secara langsung.  Durasi yang diperlukan untuk melangsungkan tes ini pun sama dengan tes IELTS biasa yaitu Listening 30 menit, Reading 60 menit, Writing 60 menit dan Speaking 11 sampai 14 menit. Oleh karena itu pastikan peralatan anda mencukupi untuk mengikuti ujian ini ya.

Peralatan dan Kondisi yang diperlukan

Untuk mengikuti ujian ini pastikan anda telah:

1.      Memilih lokasi yang tenang dan nyaman sehingga anda bisa berkonsentrasi dengan baik

2.      Laptop atau PC. Anda tidak bisa mengikuti tes ini hanya dengan berbekal Handphone atau Tablet

3.      Menggunakan komputer atau laptop anda memenuhi kriteria Komputer atau Laptop yang dapat digunakan untuk mengambil tes ini.  Krteria tersebut dapat anda baca di https://www.ieltsindicator.com/system-requirements/

  • Memiliki koneksi internet yang stabil
  • Menyalakan Speaker dan Mikrofon untuk dipakai sepanjang tes
  • Menyalakan kamera laptop atau pc anda selama tes
  • KTP atau paspor yang anda gunakan ketika anda mendaftar untuk mengikuti tes ini

Lokasi Ujian tes IELTS Indicator

Tes ini diselenggarakan untuk membantu anda yang sedang ingin mengambil tes IELTS namun terkendala larangan berkumpul dalam jumlah besar di sebuah ruangan akibat Covid19. Meskipun demikian, tidak semua tes IELTS jenis ini tidak hadir di semua negara karena tidak semua negara melarang pelaksanaan tes IELTS offline.

Negara negara yang memiliki tes IELTS ini sebagai ujian alternatif diantaranya adalah Amerika Serikat, Inggris, Belgia, Kanada, Prancis dan lain lain. Namun karena saat ini pertumbuhan Covid19 masih belum bisa dikendalikan, list tersebut diatas masih akan diupdate setiap  minggu. Untuk informasi lebih lanjut anda bisa melihat di https://www.ieltsindicator.com/faq/.

Meskipun ujian IELTS Indicator tersedia di negara Kanada, namun anda tidak bisa menggunakan tes ini untuk mengajukan migrasi ke negara tersebut. Begitupun tes ini juga tidak bisa digunakan untuk mengajukan migrasi  ke negara lain. Sebab tes ini hanya ditujukan untuk pengambilan tes IELTS Academic atau tes IELTS yang diambil oleh orang orang yang ingin mengambil kuliah di negara negara penutur bahasa Inggris.

Untuk sementara ini tes IELTS Indicator masih belum tersedia di Indonesia. Sebab masih ada penyelenggaraan tes IELTS offline di negara kita ini. Bagi anda yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai lokasi tes IELTS di Indonesia khususnya di kota anda, anda bisa mengunjungi laman internet dari British Council. Jadi, meskipun tes ini di Indonesia masih belum tersedia, anda tidak perlu khawatir. Anda tetap bisa mengambil ujian IELTS secara offline. 

IELTS Indicator

Biaya Ujian

Biaya yang harus anda keluarkan untuk mengikuti tes ini adalah sebesar U$D 149 atau Rp. 2.200.000., 00 untuk nilai tukar rupiah per tanggal 7 September 2020. Jumlah ini terbilang lebih murah daripada jika anda mengambil tes IELTS offline karena biaya tes IELTS offline kurang lebih Rp.2.900.000.,00 sampai Rp.3.000.000.,00.

Keuntungan mengambil tes IELTS Indicator

Berikut ini keuntungan yang bisa anda peroleh jika anda mengambil tes IELTS indicator ini:

  1. Tes ini adalah tes prediksi resmi. Jadi anda akan diuji  dengan soal IELTS yang sama dengan soal IELTS yang akan anda dapatkan jika anda mengambil tes offline. Selain itu penguji yang anda dapatkan juga penguji tersertifikasi sebagai penguji IELTS dari organisasi pengelola IELTS ini
  2. Tes ini bisa anda ikuti dimanapun (Tentunya bukan di Indonesia, karena tidak tersedia) dan kapanpun sesuai jadwal yang anda pilih. Asalkan anda memiliki koneksi internet yang stabil anda bebas mengikuti tes ini.
  3. Dengan tes ini anda dapat mengukur kemampuan anda dalam mendengarkan, membaca, menulis dan berbicara dalam bahasa Inggris.
  4. Berbagai Universitas di dunia menerima hasil uji tes ini sebagai bahan pertimbangan

baca juga

https://lister.co.id/ielts-academic-test/

Institusi yang menerima IELTS Indicator

Tes IELTS Indicator hanya memberikan anda skor prediksi. Oleh karena itu tidak semua institusi pendidikan menerima hasil ujian ini sebagai acuan dasar kemampuan bahasa Inggris anda. Bisa jadi meskipun anda sudah menggunakan hasil IELTS Indicator anda saat mendaftar pada Universitas yang anda inginkan, Universitas tersebut justru meminta anda untuk mengambil ujian ulang. Sejauh ini menurut www.ieltsindicator.com per 7 September 2020 instusi institusi terbaik  yang menerima hasil tes ini adalah:

  1. Macquire University, Sidney Australia
  2. Massey University, New Zealand
  3. The University of Adelaide, Australia
  4. Charles Darwin Universit, Australia
  5. University of South Australia
  6. University of Notre Dame Australia
  7. Australian National University
  8. The University of Western Australia
  9. DePaul University, Illinois Amerika Serikat
  10. Loyola Marymount University, California Amerika Serikat
  11. University of Tennessee, Tennessee Amerika Serikat
  12. Victoria University of Wellington, New Zealand
  13. University of New South Wales, Sidney Australia
  14. Mount Royal University, Canada

Namun demikian selain ke empat belas universitas terkemuka diatas, masih ada ratusan universitas lain yang menerima tes ini Anda dapat mencari nama universitas yang anda impikan di laman https://www.ieltsindicator.com/who-accepts-ielts-indicator-scores/ . Apabila nama universitas yang anda inginkan tertera di laman tersebut, itu artinya universitas tersebut menerima hasil tes ini sebagai bahan pertimbangan.

baca juga

Pandemi Covid19 memang menjadi kendala kita dalam melakukan banyak hal termasuk mengikuti ujian IELTS yang kita idam idamkan. Namun anda tidak perlu khawatir rencana studi anda keluar negeri akan tertunda gara gara hal ini. Sebab tes IELTS Indicator dapat menjadi alternatif tes yang bisa anda ikuti. Meskipun hanya memberikan skor yang sifatnya prediksi dan berharga lebih murah, tes IELTS Indicator ini adalah tes resmi yang diterima oleh ratusan institusi pendidikan terbaik di dunia.