7 Tips Belajar Bahasa Inggris Melalui Lagu dan Musik

https://lister.co.id/ Ada banyak cara untuk belajar Bahasa Inggris, salah satunya adalah melalui hobi favorit kalian. Bisa dengan menonton film, membaca novel atau mendengarkan lagu. Lagu merupakan salah satu favorit, karena selain menyenangkan, musik juga terbukti bagus untuk pembelajaran. Lagu-lagu dalam Bahasa Inggris juga biasanya menggunakan kosa kata dan kalimat yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga cocok bagi pemula yang baru belajar Bahasa Inggris.

Mendengarkan lagu favorit juga bisa membiasakan telinga kalian mendengar Bahasa Inggris yang akan berguna untuk kemampuan listening (pendengaran) kalian. Selain itu, kalian juga tidak perlu meluangkan waktu khusus untuk belajar Bahasa Inggris melalui musik. Kalian bisa mendengarkan musik sambil makan atau sambil menunggu transportasi umum. Kata-kata dalam lirik lagu juga biasanya dirangkai dengan indah dan emosional, sehingga bisa jadi lebih mudah diingat dan dinyanyikan. Di bawah ini adalah beberapa tips mudah yang bisa kalian terapkan untuk belajar Bahasa Inggris melalui lagu dan musik:

  1. Pilih genre musik yang kalian suka

Ada berbagai genre musik berbahasa inggris di dunia ini. Dan sebagai media belajar, kalian bisa memilih yang kalian suka. Bisa musik pop, edm, atau ballad. Jangan paksa diri kalian mendengarkan lagu yang tidak kalian suka, karena kalian bisa cepat bosan dan akhirnya menjadi tidak semangat belajar.

  • Cari lirik lagu yang tidak sulit

Hindari lagu yang menggunakan banyak kata-kata slang yang tidak umum digunakan atau yang menggunakan banyak kata-kata sulit. Lagu-lagu ini akan sulit dipahami walaupun kalian sudah tahu liriknya. Cari lagu yang dekat dengan kehidupan sehari-hari dan bisa kalian pahami artinya.

  • Hindari musik rap

Tidak ada salahnya jika kalian menyukai genre hip hop dan rap, tapi lagu-lagu dari genre tersebut tidak direkomendasikan untuk para pemula dalam belajar Bahasa Inggris. Karena biasanya penyanyinya menyanyikan lirik dengan tempo cepat dan pengucapannya tidak terlalu jelas, sehingga akan sedikit sulit untuk dipahami. Musik bergenre hip hop dan rap juga biasanya banyak menggunakan kosa kata yang sulit dipahami.

  • Pilih lagu yang memiliki jalan cerita

Beberapa lagu terkadang memiliki jalan ceritanya sendiri yang diceritakan runtut dari awal hingga akhir. Lagu-lagu seperti ini cocok sekali dijadikan media pembelajaran Bahasa Inggris. Penggunaan kalimatnya juga biasanya mudah dipahami dan melodinya juga mudah untuk dinyanyikan.

  • Cari soundtrack film

Soundtrack film biasanya memiliki jalan cerita yang tersambung dari filmnya, sehingga cukup mudah dipahami. Kalian juga bisa sekaligus belajar Bahasa Inggris melalui filmnya. Beberapa film yang soundtracknya terkenal indah adalah film dari Disney. Walaupun bergenre animasi dan terkesan untuk anak-anak, beberapa soundtrack-nya cocok juga didengar orang dewasa.

  • Mulai dari musik pop

Musik pop memiliki jalan cerita yang kebanyakan tentang cinta, sehingga biasanya mudah dipahami karena menggunakan kosa kata sehari-hari. Melodi musik pop juga mudah untuk didengar dan dinyanyikan. Dalam musik pop juga terkadang ada kosa kata yang dinyanyikan diulang-ulang sehingga mudah diingat. Setelah merasa cukup terbiasa dengan musik pop, kalian bisa mulai mencoba genre-genre lain untuk belajar Bahasa Inggris.

baca juga

  • Coba ikut bernyanyi

Tidak masalah jika suara kalian tidak terlalu bagus atau kalian tidak punya panggung untuk bernyanyi. Kalian hanya perlu bernyanyi untuk melakukan praktek teknik pengucapan (pronunciation) dari kosa kata dan kalimat yang sudah kalian pelajari. Coba juga bernyanyi tanpa melihat liriknya untuk mengetes kemampuan hapalan kalian. Lebih baik lagi jika kalian bisa mempraktekkan kalimat atau kosa kata dari lagu ini untuk bercakap-cakap dalam kehidupan sehari-hari.