7 Tips Belajar Bahasa Inggris Melalui Berita

https://lister.co.id/ – Di era modern dan serba internet seperti sekarang ada banyak sekali media yang bisa dimanfaatkan untuk belajar Bahasa Inggris, seperti film, musik, novel, sosial media, dan berita. Berita merupakan salah satu media berbahasa Inggris yang diupdate setiap hari dan mencakup berbagai macam topik mulai dari politik, sosial, hiburan, hingga olahraga. Walaupun begitu, banyak orang yang menghindari belajar Bahasa Inggris melalui media berita karena dianggap terlalu sulit.

Padahal berita merupakan salah satu media yang sudah pasti menggunakan Bahasa Inggris dengan tata Bahasa dan konteks penggunaan yang jelas. Struktur grammar pada setiap materi berita juga sudah terbukti akurat. Berita juga mudah untuk diakses entah itu melalui saluran televisi, video Youtube, siaran radio, ataupun melalui koran dan sosial media. Selain itu, melalui berita kalian juga bisa mendapatkan informasi-informasi baru yang berguna. Di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa kalian terapkan untuk belajar Bahasa Inggris melalui berita:

  1. Catat kosa kata atau Vocabulary baru

Memang tidak dipungkiri, terkadang berita memiliki beberapa kosa kata atau vocabulary yang jarang digunakan di kehidupan sehari-hari. Tetapi jangan takut, karena kata-kata ini bisa menambah koleksi vocabulary kalian dan bisa saja berguna suatu saat nanti. Jadi siapkan catatan kecil dan tulis kata-kata yang baru kalian lihat lalu cari artinya. Akan lebih membantu juga jika kalian mengelompokkan kata-kata ini dalam berbagai kategori, misalkan politik luar negeri atau korupsi, dan memberikan contoh penerapannya dalam kalimat.

  • Baca berita dengan suara keras

Tips ini bisa kalian aplikasikan saat membaca berita melalui media tertulis seperti koran, majalah, website, atau sosial media. Membaca dengan keras bisa melatih teknik pengucapan atau pronunciation kalian. Kalian juga bisa mencoba menirukan perkataan pembaca berita dari televisi atau radio.

  • Buat rangkuman

Dengan membuat rangkuman kalian bisa melatih kemampuan kalian dalam pemahaman dan menulis (writing). Jika kalian menggunakan berita dari media tertulis, kalian bisa mencetaknya dan memberikan tanda menggunakan bolpoin atau stabilo pada poin-poin pentingnya. Sebagai latihan kalian juga bisa mengembangkan rangkuman kalian ini menjadi bentuk teks yang lebih panjang seperti artikel atau essay.

  • Mendengarkan berita

Jika berita tertulis bisa melatih teknik membaca (reading) kalian, berita televisi atau radio juga bisa dimanfaatkan untuk melatih kemampuan mendengarkan (listening). Pembaca berita biasanya sudah terlatih dan memiliki teknik pengucapan yang jelas sehingga akan perkataannya akan lebih mudah dipahami. Selain itu pada berita di televisi biasanya juga ada teks-teks pendukung yang bisa membantu kalian memahami penjelasan pembaca berita.

  • Download aplikasi berita

Jika kalian ingin benar-benar meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris melalui berita, kalian harus setidaknya membaca satu berita setiap hari. Supaya terbiasa, kalian bisa mendownload aplikasi berita di handphone kalian atau juga mengikuti akun official berita di sosial media kalian. Dengan begini kalian jadi bisa terbiasa membaca berita berbahasa Inggris dan kemampuan kalian pun akan meningkat.

baca juga

  • Diskusikan

Jika kalian memiliki teman atau guru yang sama-sama tertarik mempelajari Bahasa Inggris melalui berita, kalian bisa mengajak mereka untuk mendiskusikan beberapa topik berita. Kalian bisa menjadikannya agenda mingguan dan bergantian memilih topik berita yang akan dibahas. Diskusikan juga beberapa kosa kata baru yang kalian pelajari dan lebih baik juga jika kalian berdiskusi menggunakan Bahasa Inggris untuk mempraktekkan teknik Speaking dan Pronunciation.

  • Beri Komentar

Jika kalian membaca berita melalui media online, seperti website atau sosial media, kalian bisa berlatih dengan meninggalkan komentar berbagasa Inggris. Bisa dengan memberikan pujian atau pendapat kalian mengenai berita tersebut. Ingat, gunakan Bahasa Inggris yang sopan dan pilih kosa kata yang baik saat berkomentar ya