Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

7 Bahasa Paling Diminati Untuk Dipelajari di 2021

Lister – Penguasaan bahasa asing menjadi salah satu kemampuan penting yang bisa dijadikan pilihan untuk melengkapi CV. Dari sekian banyaknya bahasa yang ada dunia, pasti membingungkan bagi sebagian orang untuk memilih bahasa mana yang harus dipelajari. Banyak faktor yang bisa menjadi bahan pertimbangan, mulai dari kebutuhan di tempat kerja hingga kebutuhan untuk syarat melamar beasiswa kuliah.

Di luar faktor-faktor pribadi di atas, ada beberapa Bahasa yang memang memiliki tingkat popularitas tinggi sebagai bahasa untuk dipelajari di tahun ini. Walaupun tahun 2021 sudah hampir berakhir, bisa saja bahasa-bahasa ini masih banyak diperlukan di tahun depan. Untuk lebih lengkapnya, bisa dilihat pada daftar di bawah ini:

Bahasa Perancis

Bahasa yang dikenal dengan sebutan Bahasa romantis ini, meraih banyak popularitas di tahun ini. Bahasa Perancis menduduki peringkat 5 pada daftar Bahasa yang paling banyak digunakan di dunia. Pengguna Bahasa ini tersebar di berbagai belahan dunia, mulai dari Perancis, sebagian Kanada, hingga beberapa negara di benua Afrika seperti Senegal dan Madagascar. Alasan lainnya adalah negara Perancis terkenal memiliki banyak objek wisata yang menarik minat turis asing dari berbagai dunia.

Menguasai Bahasa Perancis merupakan syarat wajib yang harus dipenuhi jika kalian akan melanjutkan pendidikan di Perancis atau melamar pekerjaan di perusahaan berbahasa Perancis. Kebanyak penutur asli atau warga lokal Perancis lebih suka menggunakan bahasa mereka dibandingkan Bahasa Inggris yang lebih universal.

Bahasa Spanyol

Ada total 22 negara di 4 benua yang menggunakan Bahasa Spanyol sebagai bahasa resmi. Itu membuat Bahasa Spanyol menjadi Bahasa keempat yang paling banyak digunakan di dunia. Selain itu Bahasa Spanyol digunakan sebagai utama di sebagian besar Amerika Serikat dan Spanyol. Jadi untuk yang berminat liburan, sekolah, atau bekerja di daerah sana, Bahasa Spanyol bisa menjadi pilihan Bahasa untuk dipelajari.

Bahasa Jerman

Negara Jerman merupakan salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Sistem perkuliahannya juga ramah dan terbuka bagi mahasiswa internasional. Untuk mendaftar kuliah di Jerman tentunya penguasaan Bahasa Jerman menjadi salah satu syarat mutlak. Karena banyak yang ingin melanjutkan kuliah di Jerman itulah, Bahasa Jerman menjadi sangat terkenal dan diminati. Padahal berdasarkan statistik, pengguna Bahasa Jerman ini tidak terlalu banyak di dunia. 

Selain karena alasan pendidikan, Jerman juga merupakan negara eksportir terbesar ketiga di Indonesia. Bidang bisnisnya termasuk industri otomotif, bahan kimia, dll. Banyak juga perusahaan-perusahaan asal Jerman yang membuka cabang di Indonesia

Bahasa Arab

Bahasa Arab merupakan Bahasa utama yang digunakan di daerah Timur Tengah yang mencakup Saudi Arabia dan UEA, dua negara yang terkenal dengan bisnis minyaknya. Mempelajari Bahasa Arab dapat membuka kesempatan yang lebih luas untuk berkarir ataupun menempuh pendidikan di sana. Bagi para muslim, menguasai Bahasa Arab juga bisa membantu lebih memahami A-Qur’an dan Hadits.

Bahasa Korea

Bahasa Korea mulai meningkat popularitasnya setelah industri hiburannya mulai mendunia di tahun ini. Tiba-tiba banyak sekali orang yang ingin belajar Bahasa Korea untuk berbagai keperluan, mulai dari keperluan pekerjaan, keperluan pendidikan, hingga keperluan hiburan. Selain itu industri bisnis dan teknologi Korea juga semakin berkembang pesat. Jika kalian adalah pecinta dunia hiburan Korea atau ingin melanjutkan pendidikan di Korea, belajar Bahasa Korea bisa menjadi pilihan yang tepat.

Bahasa Jepang

Bahasa Jepang sudah menjadi bahasa yang banyak diminati di dunia sejak beberapa tahun kebelakang. Hal ini tidak lain karena negara Jepang sendiri yang memiliki banyak pesona. Ada berbagai tempat wisata yang menarik, berbagai jenis anime dan manga, dan juga berbagai industri teknologi dan otomotif yang terus berkembang. Bagi yang berpikiran untuk bekerja di Jepang atau di perusahaan berbahasa Jepang, mungkin bisa dipertimbangkan untuk mempelajari bahasa ini.

Bahasa Mandarin

Last but not least, ada Bahasa Mandarin. Bahasa Mandarin merupakan bahasa utama di di China, Taiwan, dan Singapura. Selain itu Bahasa Mandarin juga menjadi bahasa kedua yang paling banyak digunakan di dunia. Dan ditambah lagi dengan pertumbuhan bisnis dan ekonomi Cina yang sangat pesat, mungkin belajar Bahasa Mandarin bisa menjadi pilihan bagi yang berminat bekerja di Cina.