5 Tips Belajar Bahasa Inggris Melalui Sosial Media

Di jaman sekarang hampir semua orang dari berbagai kalangan umur mempunyai sosial media. Jenis sosial media yang dimiliki pun beragam, ada Facebook, Twitter, Instagram, dll. Sosial media memiliki banyak manfaat bagi para penggunanya, selain bisa digunakan untuk berbagi cerita dan berkomunikasi dengan orang lain, sosial media juga bisa digunakan sebagai media belajar Bahasa Inggris lo.

Bahasa Inggris merupakan Bahasa universal, dan karena sosial media juga digunakan orang-orang di seluruh dunia, banyak konten-konten berbahasa Inggris yang bisa kalian temukan di sana. Selain itu, tidak dipungkiri lagi sosial media merupakan aplikasi handphone yang dibuka setiap hari, sehingga sangat dekat dengan kehidupan manusia dan cocok digunakan pendamping belajar Bahasa Inggris. Di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa kalian terapkan untuk belajar Bahasa Inggris melalui sosial media:

  1. Ubah pengaturan Bahasa

Ini adalah hal pertama yang harus kalian lakukan jika memang berniat untuk belajar Bahasa Inggris melalui sosial media. Dengan mengubah peraturan Bahasa, kalian akan menjadi lebih terbiasa dengan Bahasa Inggris. Tidak ada salahnya juga sekalian mengganti pengaturan Bahasa di ponsel kalian. Nantinya kalian dapat menemukan berbagai kosa kata atau vocabulary baru yang bisa kalian pelajari seperti profile, settings, follow, account, dll.

  • Berteman dengan orang yang berbahasa Inggris

Akun milik orang yang menggunakan Bahasa Inggris biasanya memiliki banyak konten atau postingan berbahasa Inggris yang bisa dijadikan media belajar. Selain itu kalian juga bisa mencoba berinteraksi dengan orang tersebut. Bisa melalui kolom komentar atau chat langsung ke orangnya. Dengan begini kalian bisa mempraktekkan kemampuan Reading, Writing, Speaking, dan menambah teman sekaligus.

  • Banyak membaca konten Bahasa Inggris

Belakangan ini banyak akun-akun yang membagikan cerita-cerita atau tips-tips berupa postingan panjang berbahasa Inggris. Kalian bisa mengikuti akun favorit kalian dan menjadikannya sebagai media belajar membaca atau Reading. Atau kalian bisa juga mengikuti akun berita dari luar negeri. Akun-akun seperti iitu biasanya memberikan link ke website berita di postingan mereka. Postingan berita biasanya isinya lebih panjang dan memiliki lebih banyak kosa kata sulit, cocok bagi para pemula dalam belajar Bahasa Inggris.

  • Mengikuti grup atau akun belajar Bahasa

Kalian tidak sendirian dalam belajar Bahasa, karena di era globalisasi seperti sekarang semua orang diwajibkan setidaknya paham dasar Bahasa Inggris. Sehingga jangan kaget kalau kalian akan menemukan banyak grup atau akun belajar Bahasa di sosial media. Kalian bisa bergabung atau mengikuti akun tersebut karena biasanya mereka memiliki agenda-agenda tersendiri untuk belajar Bahasa seperti belajar satu vocabulary baru setiap hari atau bahkan event kumpul dan belajar bersama. Kalian juga bisa menemukan banyak teman baru yang seperjuangan dalam belajar Bahasa lo.

baca juga

  • Membuat status dalam Bahasa Inggris

Sosial media identik dengan menulis status atau membagikan cerita tentang diri sendiri. Kalian juga bisa memulai dengan membuat status, tweet, atau postingan dalam Bahasa Inggris. Gunakan aplikasi atau konsultasikan dengan teman sebelum memposting, supaya tidak salah. Tapi jangan malu dan berkecil hati kalau grammar atau pemilihan kata kalian salah, karena namanya orang sedang belajar pasti awalnya banyak salah. Seiring berjalannya waktu, kalian pun akan mulai terbiasa menulis dalam Bahasa Inggris yang berarti kemampuan berbahasa Inggris kalian sudah meningkat melalui sosial media.