5 Tips Belajar Bahasa Inggris Melalui Film

5 Tips Belajar Bahasa Inggris Melalui Film

lister.co.id – Di era modern seperti sekarang, belajar Bahasa Inggris tidak hanya dilakukan melalui buku atau kursus saja. Walaupun buku atau kursus Bahasa Inggris memiliki keunggulannya tersendiri, ada juga berbagai metode baru yang lebih dekat dengan kehidupan sehari-hari.

Salah satunya adalah belajar Bahasa Inggris melalui film. Dengan menonton film, kalian bisa mempelajari penggunaan langsung Bahasa Inggris dan juga mengetahui teknik pronunciation atau pengucapan yang tepat. Lalu bagaimana cara yang tepat untuk belajar sambil menonton film? Di bawah ini ada beberapa tips mudah yang bisa kalian terapkan:

  1. Pilih film yang kalian suka

Jika kalian menonton genre film yang tidak kalian suka, kalian pasti akan merasa bosan. Dan jika bosan, kalian tidak dapat memanfaatkan film itu untuk belajar. Karena itulah penting untuk memilih film yang kalian sukai karena kalian harus fokus selama kurang lebih dua jam lamanya. Kalian bisa memilih film dari berbagai genre seperti action, romance, drama, atau bahkan film animasi.

  • Sesuaikan film dengan kemampuan Bahasa Inggris kalian

Film berbahasa Inggris pun memiliki tingkat kesulitannya masing-masing. Jangan gunakan film berlatar jaman dulu yang menggunakan gaya Bahasa rumit jika kalian masih level dasar. Kalian bisa memulai dengan film animasi yang menggunakan banyak kosa kata mudah jika belum yakin dengan level kalian. Jika merasa sudah paham, kalian bisa lanjut dengan film-film berlatar kehidupan sehari-hari. Atau jika ingin lebih tertantang lagi, kalian bisa menonton film bergenre politik atau hukum yang memiliki banyak kosa kata sulit.

  • Sediakan kamus

Usahakan kalian menonton film menggunakan subtitle, bisa subtitle Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia. Jika kalian menemukan kata yang tidak kalian mengerti, kalian bisa langsung membuka kamus dan mencari artinya. Kalau takut lupa, kalian juga bisa menuliskan kata tersebut di note. Jangan lupa tambahkan juga contoh penggunaannya dalam kalimat.

  • Tirukan dialog

Salah satu keuntungan belajar Bahasa Inggris melalui film adalah kalian bisa mempelajari penggunaan Bahasa Inggris dalam percakapan secara langsung. Jika kalian menemukan kalimat singkat yang dinarasikan atau diucapkan oleh salah satu tokoh, kalian bisa mencoba untuk menirukannya. Dengan begitu kalian juga belajar teknik pengucapan atau pronunciation. Cara belajar dengan mengucapkan begini juga katanya membuat lebih mudah untuk diingat.

  • Coba matikan subtitle

Jika kalian merasa sudah menemukan film yang cocok untuk belajar Bahasa Inggris, kalian bisa menontonnya berkali-kali, dengan dan tanpa subtitle. Setelah menonton menggunakan subtitle, lalu kalian menontonnya lagi tanpa subtitle, kalian dapat mengetes pemahaman Bahasa Inggris kalian. Selain itu, karena sudah paham jalan ceritanya, kalian jadi bisa lebih fokus kepada perkataan tokoh yang mungkin kalian lewatkan saat menonton pertama kali.

Jika kalian menerapkan beberapa tips mudah di atas, sistem belajar kalian melalui film bisa jadi lebih terarah dan berguna. Walaupun menyenangkan, terkadang ada juga beberapa kendala saat belajar Bahasa Inggris melalui film. Kalian terkadang akan menemukan film yang tidak memiliki subtitle, baik yang Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia. Film-film ini tidak disarankan untuk para pemula.

baca juga

Terkadang kalian juga bisa tidak menangkap atau memahami perkataan tokoh. Ini bisa terjadi karena aksen yang mereka gunakan atau karena mereka bicara terlalu cepat atau terlalu pelan. Ini bisa disiasati dengan menonton lagi filmnya supaya lebih fokus.

Kalian juga bisa saja lupa kata-kata yang barusan dipelajari karena terlalu asiknya tenggelam dalam jalur cerita film. Bagaimanapun juga, menonton film merupakan sarana untuk menghibur diri jadi jangan jadikan terlalu serius, dan coba tambahkan cara belajar lain untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris kalian. Selamat belajar!