Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

5 Rekomendasi Novel Bahasa Inggris Terbaik Untuk Remaja

5 rekomendasi novel bahasa Inggris

lister.co.id – Penggemar novel bahasa Inggris mana suaranya? Apakah kamu termasuk penggemar novel atau bacaan berbahasa Inggris, fellas? Jika iya, pada artikel kali ini kita akan membahas 5 novel berbahasa Inggris yang recommended banget untuk kamu baca!

BACA JUGA: Melatih Kemampuan Reading di Tes IELTS [Ter-Lengkap]

Manfaat Membaca Novel Berbahasa Inggris 

Sebelumnya, mungkin kamu penasaran dan berpikir, “males ah baca novel bahasa Inggris, panjang dan ribet!” 

Eits, padahal, dalam proses belajar di sekolah dibutuhkan kemampuan untuk memahami teks yang panjang lho. Belum lagi, jika kamu mau melanjutkan studi di luar negeri, yang membutuhkan kemampuan membaca teks dan pemahaman mengenai bahasa Inggris yang lebih dalam. Namun, tidak usah khawatir, kemampuan membaca dapat dilatih, misalnya dengan memulai membiasakan diri dalam membaca novel.

Selain ceritanya menghibur, novel mengemas nilai moral dengan cara yang seru, sehingga mudah dipahami. Terlebih dengan membaca novel berbahasa Inggris tentunya akan melatih kemampuan bahasa Inggrismu.

BACA JUGA: Kenapa Seseorang Lebih Mudah Belajar Bahasa Asing ? Ini Dia Jawabannya!

5 Rekomendasi Novel Bahasa Inggris Untuk Kamu Baca

1. The Maze Runner

Novel karya James Dashner ini bercerita tentang kehidupan sekelompok anak laki-laki yang tidak punya ingatan dan terjebak dalam sebuah labirin besar dan menakutkan yang bernama Glade. Satu-satunya jalan keluar yang mereka punya adalah melalui maze (labirin). Sayangnya, labirin tersebut tidak mudah dilewati karena setiap harinya bentuk labirin tersebut berubah dan di dalamnya dijaga oleh Grievers yang mengancam keselamatan mereka. Novel selain seru, juga kosa katanya tidak terlalu sulit dipahami jika kamu masih pemula dalam belajar bahasa Inggris, fellas

Novel bahasa Inggris Maze Runner

2. The Hunger Games 

Serial trilogi the Hunger Games merupakan salah satu serial yang populer di dunia. Pasalnya, dengan popularitas dari serial buku tersebut, cerita ini berhasil diangkat ke layar lebar dan meraih popularitas yang besar. Apabila ini pertama kalinya kamu membaca trilogi dari the Hunger Games, kamu dapat memulai membaca dari novel pertamanya dengan judul yang sama. Novel ini menceritakan mengenai bangsa Panem yang memiliki wilayah yang makmur bernama Capitol, dan dikelilingi oleh 12 distrik yang lebih miskin. Namun, terjadi pemberontakan dari distrik ke-13 terhadap Capitol yang menyebabkan kehancuran dan awal mulai dari terciptanya acara televisi yang bernama ‘Hunger Games.’ Acara ini merupakan bentuk dari hukuman dan peringatan kekuatan dari Capitol. Sehingga setiap distrik diharuskan untuk menyerahkan 1 perempuan dan 1 laki-laki yang berusia antara 12 hingga 18 tahun melalui sistem undian. Orang-orang yang terpilih diharuskan untuk bertarung hingga mati, dan menyisakan hanya satu orang yang selamat sebagai pemenangnya. Seru banget ya? 

novel bahasa Inggris the hunger games

3. Fangirl – Rainbow Rowell 

Bagi kamu pecinta cerita ringan, novel Fangirl mungkin dapat menjadi pilihanmu. Novel ini menceritakan mengenai Cath, seorang mahasiswa baru di University of Nebraska-Lincoln, yang memiliki kembaran identik, yaitu Wren. Cath dan Wren memiliki kepribadian yang berbeda. Wren merupakan anak yang suka bergaul, sementara Cath lebih tertarik untuk menulis. Sewaktu kecil, Wren dan Cath merupakan penggemar berat dari serial Simon Snow, namun semenjak kuliah Wren memutuskan untuk tidak lagi menjadi penggemar dari serial tersebut. Sementara Cath masih terobsesi dengan serial tersebut, dan giat menulis fan fiction dari serial itu yang memiliki ribuan pembaca setia. Cath mengalami kesulitan dalam beradaptasi di sekolah, karena Wren tidak mau sekamar dengan Cath di asrama, dan Cath memiliki Social Anxiety Disorder. Kini Cath harus berjuang untuk bertahan diluar zona nyamannya. Akankah Cath berhasil untuk bertahan?

novel bahasa Inggris fangirl

4. The Princess Diaries – Meg Cabot 

Siapa yang dulu sering bermimpi menjadi seorang puteri? The Princess Diaries mungkin dapat membawamu kembali ke impianmu itu. Novel ini menceritakan sosok Mia Thermopolis, seorang gadis biasa yang sedang duduk di bangku kelas 9, tiba-tiba diberitahu bahwa ia merupakan keturunan dari kerajaan Genovia, dan tidak hanya itu. Mia merupakan seorang puteri mahkota dari kerajaan tersebut. Tentu saja hal ini mengubah hidup Mia secara drastis. Penasaran bagaimana perjalanan Mia dalam menjadi seorang Puteri?

The princess diaries novel bahasa Inggris

5. Life of Pi – Yann Martel

Life of Pi menceritakan kisah Piscine Molitor “Pi” Patel, yang menceritakan kisah masa kecilnya di India, dimana ayahnya memiliki kebun binatang di Pondicherry. Namun, pada Februari 1976, pemerintahan India mendeklarasikan “The Emergency” terhadap kondisi negaranya, sehingga keluarga Pi memutuskan untuk bermigrasi ke Kanada. Akan tetapi, terjadi masalah ketika proses pengangkutan binatang-binatang dari kebun binatangnya ke Kanada. Pada proses pemindahannya, terjadi badai di rute perjalanan mereka, yang menyebabkan kapal yang mereka tumpangi tenggelam. Pi berhasil selamat dengan menggunakan perahu darurat, bersama seekor Hyena, Zebra, Orang utan, dan Macan. Bagaimana petualangan Pi selanjutnya? Akankah Pi dapat selamat di perjalanan?

Life of Pi novel bahasa Inggris

Tahukah kamu Lister saat ini juga menyediakan program Belajar Bahasa Inggris Untuk Remaja, loh. Namanya kelas English for Teens, di kelas ini kamu akan dibimbing oleh tutor berpengalaman dalam  meningkatkan kualitas dynamic conversation (speaking skill), academic writing dan juga national exam preparation. Untuk bergabung, klik banner di bawah ini ya!

English for teens class
Daftar kelas English for Teens sekarang!