5 Negara terbaik untuk kuliah S2

5 Negara terbaik untuk kuliah S2

lister.co.id – Perihal melanjutkan kuliah magister atau tidak merupakan pilihan masing-masing. Tapi, jika kamu sudah memilih untuk melanjutkan kuliah S2, tidak ada salahnya mempertimbangkan beberapa negara berikut sebagai tujuan studimu berikutnya.

Baca juga: Mentoring Beasiswa Chevening

Inggris

Rumah dari universitas-universitas langganan peringkat teratas seperti University of Cambridge, University of Oxford, UCL, dan Imperial College London ini tentunya sudah sering menjadi tujuan banyak mahasiswa Indonesia yang ingin kuliah keluar negeri. Wajar saja, 18 universitas yang bertempat di Britania Raya semuanya berada di Top 100 QS World University 2020 yang berarti kualitas pendidikan Inggris sudah tidak perlu diragukan lagi. Disamping itu, Britania Raya menduduki peringkat ke-19 dalam hal indeks mutu hidup. Indeks mutu hidup ini adalah sebuah indeks sosial yang dilakukan oleh Economist Intellegence Unit tentang seberapa besar hidup kamu akan terjamin di negara tertentu. Hal-hal yang menjadi pertimbangan adalah angka harapan hidup, melek huruf, pelayanan kesehatan, harga properti, bahkan sampai tingkat polusi. Belum lagi kekayaan budaya dan sejarah Inggris yang akan menghibur kalian selama masa studi di Inggris. Jadi, kalau kalian masih belum tahu ingin melanjutkan studi dimana, mungkin kalian bisa mulai dengan menilik beberapa universitas-universitas yang ada di Inggris.

Baca juga: Mentoring Beasiswa Online

Singapura

Kalian tahu tidak, National University of Singapore dan Nanyang Technological University, Singapore adalah dua universitas dari Asia Tenggara yang berhasil menempati peringkat 12 teratas QS World University Ranking 2020 mengalahkan universitas dari negara-negara Eropa seperti Belanda, Selandia Baru, Perancis, dan lain-lain. Selain itu, Singapura juga berlokasi sangat dekat dengan Indonesia. Tidak hanya lokasinya, kebudayaannya juga ada yang mirip-mirip karena Singapura masih bagian dari Asia Tenggara.

Kota yang sangat tertib dan bersih ini juga menggalakkan program-program dimana kamu sebagai mahasiswa dapat merasakan pengalaman belajar unik lewat aktifitas sosial, kultural, dan edukasi yang terintegrasi. Jika kamu menyukai suasana modern perkotaan yang berudara segar, Singapura tentu saja adalah pilihanmu.

Baca juga: Tips Mengejar Beasiswa Kuliah ke Luar Negeri

Amerika Serikat

Ini dia salah satu negara yang paling disukai mahasiswa-mahasiswa Indonesia sebagai tujuan untuk studi sarjana maupun pascasarjana. Kira-kira kenapa ya? Tentu saja karena kualitas pendidikan Amerika yang sudah diakui sebagai nomor 1 di dunia. Pasalnya, ada 28 universitas di seluruh Amerika yang masuk dalam Top 100 QS World University 2020 dan 10 diantaranya menduduk peringkat 20 besar. Rumah dari universitas-universitas besar dan terbaik dunia seperti MIT, Harvard University, Stanford University, Princeton, dan juga Yale ini juga akan membantu kamu mendapatkan kesempatan-kesempatan kerja yang lebih besar. Hal ini dikarenakan standar kualitas SDM Amerika yang bisa dibilang dijadikan standar ideal pekerja di seluruh dunia.

Amerika juga merupakan salah satu negara yang menduduki peringkat 15 dalam hal indeks mutu hidup. Dengan sistem pendidikan terbaik, kesempatan kerja yang besar, dan indeks mutu hidup yang tinggi, Amerika sebaiknya jadi salah satu negara yang kamu pertimbangkan untuk dijadikan tujuan kuliah S2.

Kanada

Negara yang berada satu benua dengan Amerika ini juga tidak kalah dari negara tetangganya loh! Kanada sudah terkenal sebagai negara dengan penduduk yang paling ramah dan baik. Menempati peringkat ke 19 sebagai negara dengan indeks mutu hidup tertinggi dan peringkat ke 20 negara teraman di dunia, Kanada tentunya cocok untuk kalian-kalian yang suka parno karena baru pertama kali merantau sendiri. Tidak hanya itu, Kanada juga memiliki universitas-universitas yang sudah diakui dunia, seperti University of Toronto yang menduduki peringkat ke 25 QS World University Ranking, McGill University, dan University of British Columbia. Selain itu, Kanada juga menempati peringkat ke-5 dalam hal penyerapan tenaga kerja. Mantapkan? Kamu bisa langsung kerja begitu lulus kuliah.

Australia

Selanjutnya ada Australia. Kenapa Australia masuk dalam daftar negara terbaik? Karena memang ada alasan dibaliknya!

Sama seperti Singapura, Australia berada dekat dengan Indonesia dengan zona waktu yang tidak terlalu berbeda, jadi kamu tidak perlu takut harus bergadang demi video call sama orang tua di Indonesia, atau kamu bisa langsung pulang saja setiap liburan.

Australia juga memiliki sistem pendidikan yang tidak perlu diragukan lagi. Dengan 8 universitas yang masuk dalam Top 100 QS World University Ranking 2020 yang di antaranya adalah The Australian National University, University of Sydney, University of Melbourne, dan seterusnya, kamu punya banyak pilihan universitas terbaik yang bisa kamu pilih.

Disamping itu, tingkat penyerapan tenaga kerja Australia lebih tinggi dari Kanada, Amerika, Inggris, dan Singapura loh. Australia menduduki peringkat ke-4 dunia untuk negara dengan penyerapan tenaga kerja terbaik. Jadi, sudah siap untuk bersekolah dan bekerja di Australia? Yuk, segera siapkan dirimu!

Nah, tadi adalah 5 negara terbaik yang bisa kamu pertimbangkan sebagai negara untuk kamu melanjutkan S2-mu. Tentunya masih banyak negara-negara lain yang tidak kalah kerennya! Segini dulu artikel hari ini, semoga bermanfaat!

Baca artikel lainnya: