Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

5 Cersil Mandarin Kuno dan Adaptasinya ke Serial Drama

cersil mandarin kuno

Cerita silat (cersil) Mandarin adalah cerita-cerita bergenre aksi yang biasanya menceritakan tokoh ahli silat dengan berbahasa Mandarin. Banyak cersil Mandarin tersebut yang sudah diadaptasi ke serial film, terutama cersil Mandarin kuno.

Berikut ini sejumlah cersil Mandarin yang sudah diadaptasi menjadi serial silat.

1. Pedang Langit dan Golok Naga (1986)

Salah satu adaptasi Pedang Langit dan Golok Naga diperankan oleh Tony Leung dan Kitty Lai. Cersil ini lebih banyak dikenal dengan judul To Liong To.

Dalam serial tersebut, Tio Buki memediasi konflik antara Enam Partai Lulus dengan Sekte Ming. Di balik konflik tersebut, ternyata dikompori oleh Cheng Kun.

Cheng Kun mengadu domba agar kedua belah pihak bertarung satu sama lain. Ia bekerja sama dengan Mongol yang ingin mengambil alih dunia persilatan.

2. Kembalinya Pendekar Rajawali (1983)

Cersil ini merupakan karya dari Jin Yong, sama seperti Pedang Langit dan Golok Naga. Latar waktu Kembalinya Pendekar Rajawali adalah sebelum Pedang Langit dan Golok Naga.

Pada masa itu Mongol berusaha merebut kekuasaan dinasti Song. Serial silat ini diperankan oleh Andy Lau dan Idy Chan. Adaptasi tersebut sangat populer di Indonesia pada masanya.

Cersil ini mengisahkan cinta terlarang antara Yoko dengan guru silatnya, Siauw Long. Pada masa itu, hubungan semacam ini dianggap tabu.

3. Pendekar Hina Kelana (2001)

Cersil Mandarin ini banyak diadaptasi ke berbagai judul. Cerita ini ditulis Jin Yong. Dalam adaptasinya, Jin Yong sendiri terlibat dalam pembuatan serialnya.

Cersil ini mengangkat kisah pemuda yang gemar berpetualang, Linghu Chong. Ia berasal dari partai Huashan.

Ia memiliki sifat menyukai kebebasan. Namun sifat tersebut justru membawanya ke banyak masalah. Akhirnya ia dikeluarkan dari partainya oleh sang guru, Yue Buqun.

Linghu Chong pun kehilangan tenaga dalam, bahkan kehilangan kemampuan menggunakan ilmu pedang Huashan. Ia pun harus menghadapi berbagai tuduhan tidak benar yang dilontarkan kepadanya.

4. Pendekar Ulat Sutera (1979)

Serial ini sebenarnya dibuat terlebih dahulu baru novelnya menyusul. Serial Pendekar Ulat Sutera dibintangi oleh Norman Chui.

Cersil ini mengangkat kisah pendekar asal Butong, Wan Fei Yang. Ia mampu mempraktikkan ilmu ulat sutera yang legendaris.

Wan Fei Yang adalah adalah anak haram dari pemimpin Butong. Rahasia besar ini tidak diketahui siapapun.

Namun di belakang ketua Butong tersebut mengajari Wan Fei Yang dalam ilmu kependekaran ulat sutera.

5. Pendekar Pemanah Rajawali (2017)

Cersil ini mengisahkan seorang pemuda bernama Kwee Ceng yang berasal dari wilayah kekuasaan Mongol. Kwee Cheng adalah seseorang yang agak lambat dalam berkomunikasi, sehingga perkembangan silatnya pun terhambat.

Seorang pendeta Quanzhen lalu mengajarinya teknik pengolahan napas dan tenaga dalam. Hal ini membuat Kwee Cheng berkembang pesat.

Kwee Cheng lalu dikirim ke negeri Song untuk mencari pengalaman. Di situ Kwee Cheng bertemu berbagai pendekar, kawan, dan kekasihnya, Oey Yong.