Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

3 Aturan yang Membentuk Kata Sifat Bahasa Rusia, Apa saja?

kata sifat bahasa rusia

Kursus Bahasa Rusia – Kata sifat adalah kata yang mendeskripsikan kata benda atau kata ganti. Setiap kata sifat dalam bahasa Rusia harus mengikuti sifat kata benda yang terdiri dari jumlah, gender, dan kasusnya.

Misalnya kamu ingin mengatakan bahwa kamu mempunyai buku (книга) yang menarik (интересный), kamu harus tahu bahwa книга berbentuk nominatif-feminin-tunggal.

Maka kamu harus menggunakan bentuk yang tepat untuk kata sifat yang hendak digunakan. Berdasarkan contoh di atas, kamu akan mengatakan интересная книга (buku yang menarik).

Membentuk Kata Sifat Bahasa Rusia

Kebanyakan kata sifat bahasa rusia memiliki kata dasar yang berakhiran konsonan. Dengan kata lain, huruf terakhir sebelum akhiran adalah konsonan yang keras.

Pada kasus nominatif, kata sifat semacam ini memiliki akhiran -ый untuk maskulin tunggal, -ое untuk netral tunggal, dan -ая untuk feminin tunggal. Bentuk jamaknya selalu sama untuk setiap gender, yakni memiliki akhiran -ые.

Sementara itu kata sifat yang memiliki kata dasar berakhiran bunyi н yang lembut mendapatkan akhiran -ий, -ее, -яя, -ие pada nominatif-feminin-tunggal, netral tunggal, maskulin tunggal, dan bentuk jamak.

Kata sifat ini disebut sebagai kata sifat yang lembut dan selalu diberi tekanan pada kata dasarnya, seperti pada kata синий.

Kata sifat dengan kata dasar berakhiran huruf к, г, х, ж, ш, ч, щ memiliki akhiran maskulin tunggal yakni -ий, feminin tunggal yakni -ая, dan jamak -ие.

Pada bentuk netral tunggal seperti kata sifat berakhiran -oe setelah г, к, х, dan berakhiran -ee setelah ж, ш, ч, щ jika menekankan pada kata dasarnya sebaliknya memiliki akhiran -oe.

Ada sekelompok kata sifat yang disebut kata sifat yang ditekankan. Kata sifat ini memiliki akhiran -ой, bukannya -ый atau -ий dalam bentuk nominatif maskulin tunggal.

Akhirannya selalu ditekankan pada huruf o. Contohnya adalah молодой (muda), большой (besar), dan другой (lainnya).