10 Profesi Dari Sastra Bahasa Asing

lister.co.id – Salah satu tolak ukur yang biasanya dipertimbangkan untuk memilih jurusan kuliah adalah peluang mencari kerja yang didapatkan oleh lulusannya.

Dan beberapa jurusan kurang pamor seperti sastra Bahasa asing biasanya akan langsung dipandang sebelah mata karena dianggap tidak memiliki prospek karir yang bagus.

Padahal, di era modern sekarang ini, lulusan sastra Bahasa asing justru dicari di dunia kerja.

Bahasa adalah “alat” komunikasi antar manusia, sehingga merupakan kemampuan dasar di setiap lini pekerjaan. Jadi, ada banyak sekali profesi yang membutuhkan lulusan dari jurusan sastra Bahasa asing. Di bawah ini adalah beberapa diantaranya:

Editor Bahasa

Editor Bahasa merupakan jenis profesi yang biasanya ditemukan di perusahaan penerbitan, media, atau beberapa start-up content creator. Profesi ini penting untuk menyunting dan mengedit berbagai jenis teks sebelum dipublikasikan. Karena pentingnya menggunakan tata Bahasa yang baik dan benar untuk menyampaikan informasi, biasanya pihak pencari pekerjaan langsung memberi syarat wajib lulusan sastra untuk profesi ini.

Jurnalis

Jurnalis juga merupakan salah satu profesi yang mengedepankan kemampuan membaca dan menulis, yang biasanya sudah dikuasai oleh lulusan sastra Bahasa asing. Profesi jurnalis sendiri memiliki berbagai jenis, ada jurnalis koran, majalah, radio, atau televisi.

Content Writer

Profesi ini hampir mirip dengan editor, bedanya content writer adalah pihak yag menulis konten sebelum disunting oleh editor. Dengan semakin maraknya sosial media dan berbagai jenis start-up media lainnya, profesi ini semakin banyak dicari. Para lulusan jurusan sastra tentunya akan mempunyai keunggulan tersendiri dibandingkan lulusan jurusan-jurusan lain yang ikut melamar.

Bekerja di Kantor Kedutaan

Kedutaan identik dengan kemampuan berkomunikasi dengan Bahasa asing dan pengenalan budaya negara lain, dua hal yang tentunya sudah dipelajari oleh mahasiswa jurusan sastra Bahasa asing. Indonesia sendiri memiliki banyak kantor kedutaannya di negara-negara lain, dan kalian tinggal memilih negara yang sesuai dengan jurusan Bahasa asing yang kalian pilih. 

Sastrawan

Sesuai dengan nama jurusannya, sastrawan tentunya menjadi salah satu profesi yang menjadi prospek karir lulusan jurusan sastra Bahasa asing. Ada berbagai cabang yang bisa digeluti, mulai dari pengarang buku hingga penulis puisi. Jika sukses di bidang ini, peluang pengembangannya juga besar, misalkan jika buku kalian diadaptasi menjadi film atau game.

Guru Bahasa Asing

Guru Bahasa Asing merupakan profesi yang mengharuskan berasal dari jurusan Bahasa yang akan diajar. Jika kalian memang memiliki minat untuk mengajar, kalian bisa mulai belajar untuk mendapatkan berbagai sertifikasi mengajar yang menjadi syarat dari berbagai Bahasa. Di era modern sekarang, banyak orang yang ingin belajar Bahasa asing , sehingga profesi ini pun termasuk yang banyak dicari.

Penerjemah

Penerjemah merupakan profesi yang membutuhkan skill Bahasa yang mumpuni. Para lulusan jurusan sastra Bahasa asing bisa memilih apakah akan menjadi penerjemah lisan maupun tertulis. Keduanya merupakan profesi yang banyak dibutuhkan di era globalisasi seperti sekarang.

Pemandu Wisata

Bagi lulusan sastra Bahasa asing yang hobi travelling, mungkin profesi ini bisa dijadikan pilihan. Selain butuh kemampuan berbahasa asing yang fasih, seorang pemandu wisata atau tour guide juga diharuskan untuk memahami berbagai kebudayaan negara lain.

Pramugari

TIdak salah kok melihat profesi ini muncul di daftar ini. Profesi pramugari identik dengan bepergian ke berbagai negara dan berinteraksi dengan berbagai orang dengan berbagai kewarganegaraan dan Bahasa. Walaupun bukan menjadi jurusan utama yang dicari, lulusan jurusan sastra Bahasa asing tetap akan mendapatkan poin tambahan tersendiri jika melamar profesi ini.

Wiraswasta

Bagi yang memiliki jiwa bisnis dan ingin mengembangkan kondisi ekonomi Indonesia, tidak ada salahnya menjadi wirausahawan. Ada banyak bisnis yang bisa dibuka oleh lulusan jurusan sastra Bahasa asing, seperti misalnya membuka agensi wisata yang menawarkan berbagai paket perjalanan wisata ke berbagai negara atau membuka lembaga kursus Bahasa asing.

“Mengenal Serunya Jurusan Sastra Bahasa Asing”

Sastra dan Bahasa Asing merupakan salah satu jurusan yang biasanya ada di dalam lingkup fakultas ilmu budaya. Banyak universitas di Indonesia yang membuka jurusan ini dan menawarkan berbagai jurusan Sastra dan Bahasa Asing seperti Sastra Inggris, Sastra Korea, Sastra Jepang, Sastra Jerman, Sastra Perancis, dll.

Bagi kalian yang memang berasal dari SMA atau SMK jurusan Bahasa, pasti sudah tidak ragu lagi untuk memilih jurusan ini. Tapi pasti ada juga di antara kalian yang mungkin masih ragu dan belum paham apa itu jurusan sastra Bahasa asing dan apa saja yang akan dipelajari di sana.

Seperti namanya, jurusan sastra mempelajari ilmu sastra dari berbagai negara-negara di dunia. Selain itu, kalian juga nanti dapat mempelajari hingga sejarah dan kebudayaan negara tersebut. Jadi lulusan jurusan sastra Bahasa asing ini tidak hanya mahir dan fasih berbahasa asing, tapi juga paham tentang sastra dan seluk beluk negara tersebut.

Di jurusan sastra Bahasa asing ini nantinya kalian akan dilatih berbagai kemampuan dasar berbahasa seperti speaking (berbicara), writing (menulis), reading (membaca), dan listening (mendengarkan). Selain itu ditambah juga dengan kemampuan analisis dan berpikir kritis. Di bawah ini adalah beberapa hal seru lain yang bisa kalian dapatkan jika kalian memilih untuk mengambil jurusan sastra Bahasa asing:

  1. Berkomunikasi dengan lancar menggunakan Bahasa asing

Ini tentunya adalah kemampuan dasar yang pasti akan didapatkan oleh lulusan jurusan sastra Bahasa asing. Apapun pilihan Bahasa yang kalian pilih, kalian pasti akan bisa fasih menggunakan Bahasa tersebut saat lulus nanti. Selain itu, beberapa universitas juga mengizinkan untuk mengambil beberapa mata kuliah Bahasa lain. Jadi misalnya jika kalian mengambil jurusan Sastra Inggris, kalian tetap bisa mengambil mata kuliah Bahasa Korea atau Mandarin. Kemampuan ini tentunya akan sangat berguna jika nantinya kalian berencana pergi langsung ke negara tersebut.

  • Pengalaman menganalisis buku dan film

Buku merupakan salah satu jenis hasil representasi dari karya sastra yang tentunya menjadi bagian penting yang harus dipelajari di jurusan sastra. Jadi jangan kaget jika selama kuliah nanti kalian akan menganalisa berbagai jenis buku dari berbagai masa, mulai dari karya sastra dengan tata Bahasa jadul yang susah dimengerti hingga novel sastra modern. Dari berbagai buku ini nantinya kalian dapat mempelajari struktur Bahasa khas dari setiap Bahasa. Selain buku ada juga film yang diadaptasi dari buku atau karya sastra lain. Para mahasiswa biasanya nanti akan ditugaskan untuk menganalisa atau membandingkannya dengan versi aslinya.

  • Belajar banyak kebudayaan baru

Di jurusan sastra Bahasa asing nantinya kalian tidak hanya akan mempelajari Bahasa saja selama 4 tahun perkuliahan, tapi juga berbagai sejarah dan kebudayaan dari berbagai negara. Kalian akan bisa menemukan berbagai mata kuliah unik dan menarik yang tidak bisa ditemukan di jurusan lain seperti Budaya Korea , Perkembangan Seni Rupa dan Bangunan Belanda, Dinamika Pemikiran Perancis, Sejarah Diplomasi Jepang, dll.

baca juga

  • Prospek kerja luas

Terakhir, jangan khawatir dengan peluang kerja. Karena Bahasa merupakan kemampuan dasar di setiap pekerjaan, lulusan sastra Bahasa asing memiliki banyak sekali jenis pekerjaan dari berbagai cabang yang bisa dimasuki. Beberapa diantaranya adalah penerjemah, guru Bahasa asing, pemandu wisata, jurnalis, content creator, penulis, editor, atau bekerja di kedutaan. Selain itu, bisa juga menjadi wirausaha dengan membuka agensi wisata atau lembaga kursus Bahasa asing.