Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

10+ Daftar Makanan Khas China yang Perlu Kamu Tahu

Saat belajar Bahasa Mandarin, kamu akan bertemu banyak hal menarik selain bahasa Mandarin itu sendiri, yaitu budayanya. Kuliner Cina merupakan salah satu budaya menarik yang tidak boleh terlewatkan.

Ada beragam makanan khas Cina yang unik dan perlu kamu tahu sebagai referensi jika suatu saat kamu berlibur atau pun studi di sana. Apa saja?

Baca juga: Mengenal Kosakata Mandarin Lengkap!

260128861

Aneka Makanan Khas China yang Perlu Kamu Tahu

Mapo Doufu

Mapo Doufu atau Tahu Mapo ini menjadi salah satu hidangan China tradisional yang sangat populer di China. Tahukah kamu, Mapo Doufu ini berasal dari Provinsi Shincuan. Mapo Doufu ini terdiri dari tahu yang dipotong dadu lalu dimasak dengan campuran daging giling, bubuk cabai, daun bawang, pasta kacang, dan bumbu lainnya.

Kwetiau

Kwetiau adalah makanan mie yang identik dengan orang Tionghoa, etnis Hokkian dan Tio Chiu. Kwetiau terbuat dari tepung beras yang bertekstur kenyal, dan biasa diolah dengan cara digoreng atau disiram dengan kuah.

Sajian ini pun sudah populer di Indonesia dan banyak penggemarnya lho.

La ji zi

La ji zi ini memang menjadi makanan yang sangat terkenal di China. La ji zi ini berarti ayam pedas kering. la ji zi ini terdiri dari potongan daging ayam yang dipotong dadu lalu digoreng sampai kering. Bumbu yand digunakan biasanya cabai sichuan, cabai kering, bawang putih, daun bawang, kecap, garam, gula, dan bumbu campuran lainnya.

Hainan Jifa

Makanan ini memang menjadi makanan tradisional China yang sangat di gemari orang indonesia. Makanan ini biasanya terdiri dari ayam, kuah, dan kecap. makanan ini sangat nikmat.

Sanbeiji

Hidangan ini memang sangat unik karena dalam 1 porsi pembuatan sanbeiji inni membutuhkan banyak bumbu, sebenarnya sanbeiji ini terdiri dari daging ayam yang di masak dengan 3 cangkir bumbu sesuai dengan namanya yaitu Sanbeiji (tiga cangkir), di cambur dengan anggur beras, kecap manis, dan secangkir lemak babi, kebayang donk guys gimana nikmatnya rasa satu porsi sanbeiji?

Tangculiji

Tangculiji ini menjadi salah satu makanan tradisional Tionghoa dan masakan yang satu ini berasal dari Sichuan dan sudah populer di berbagai restoran di China bahkan sampai mancanegara. Tangculiji ini terdiri dari daging babi yang di fillet dicampur dengan tepung lalu di goreng, setelah ditiriskan lalu dimasak dengan saos asam manis.

Tangculiji memiliki cita rasa manis dan pedas. Adapun potongan babi goreng tepung yang ada pada Tangculiji akan terasa gurih dan lebih nikmat jika di makan dengan nasi hangat.

Gong Bao Ji Ding

Mungkin banyak yang masih belum tau dengan nama makanan yang ada di atas, gong bao ji ding ini sebenarnya adalah ayam kungpao yang memiliki rasa lezat.

Wonton

Wonton adalah makanan yang paling disukai wisatawan yang berkunjung di China. Pernah mencoba hidangan Siomay? Nah, wongton ini hampir mirip dengan siomay di Indonesia. Hal yang membedakan wonton dengan siomay adalah cara menghidangkannya. Jika wonton ini biasanya disajikan dengan sup, sedangkan di Indonesia biasanya siomay disajikan dengan kuah kaldu.

Jian Bing

Jian Bing ialah makanan khas Cina semacam crepes atau kebab yang biasa dimakan sebagai menu sarapan. Di negara Tiongkok, Jian Bing biasanya dijual di street food. Bahan dasar dari Jian Bing adalah dari adonan tepung gandum dan jagung yang diolah menggunakan wajan rata, bersama dengan telur atau daging, daun ketumbar, dan bumbu lainnya.

Dimsum

Dimsum sangat cocok dijadikan sarapan karena bentuknya yang kecil apalagi dengan ditemani teh hangat. Dim sum disajikan dalam wadah kukusan bambu agar tetap hangat.

Sajian Dimsum ini cocok dijadikan untuk sarapan yang ditemani teh hangat.

La Mian

La Mian merupakan mie tarik ala Tionghoa yang dimasak dengan cara memeras, menarik, dan melipat adonan terigu dengan sedikit tambahan tepung beras bertanda khusus sehingga membentuk benang mie-mie tipis.

Chow Mein

Chow Mein ini makanan khas Cina yang terdiri dari mie china yang digoreng hingga kering lalu dicampur dengan udang, ayam, sayur, dan bumbu lain yang semakin menambah cita rasa Chow Mein.

Fu Yung Hai

Salah satu jenis masakan khas Tionghoa yang terbuat dari telur dadar dengan campuran berupa sayuran, daging, atau makanan hasil laut. Sajian ini memiliki cita rasa gurih, renyah, dan saus yang segar.

Bakpao

Jika kamu penasaran makanan Cina yang paling populer di Indonesia, jawabannya adalah bakpao. Bakpao berasal dari dua kata yaitu bak artinya daging dan pao berarti bungkusan.

Isian bakpao dulunya hanya daging babi, namun seiring berkembangnya zaman dan tersebarnya makanan Bakpao ini di luar wilaya Cina seperti Indonesia. Isiannya menjadi bervariasi seperti daging ayam, sayuran, ikan, selai kacang kedelai, kacang hijau, dan lain sebagainya.

Makanan Cina yang Halal

Chinese food menu set Premium Vector

Demikian jenis-jenis makanan khas Cina yang bisa menjadi referensi untuk kamu yang mau wisata ataupun tinggal di Cina, menarik bukan?

Selamat mencoba!

Belajar bahasa asing Lister
Belajar bahasa asing Lister